Ingin Lebih Produktif Setelah Menyewa Virtual Office? Ini Tipsnya
Bagi pebisnis pemula, salah satu
langkah strategis untuk mengembangkan sayap di dunia bisnis adalah menggunakan virtual office sebagai lokasi kerja yang
memadai sekaligus prestisius. Dengan virtual
office, seorang pebisnis bisa mengerjakan proyek dari rumah, tetapi tetap
terlihat profesional karena tersedia layanan administrasi dan alamat kantor.
Kelebihan tersebut mendorong para
pebisnis masa kini semakin mempertimbangkan untuk menyewa virtual office daripada gedung sendiri. Bukan hanya itu, dengan
cara ini, pekerja atau pebisnis bisa lebih produktif saat bekerja sehingga
waktu untuk bekerja menjadi lebih efektif. Nah, bagi Anda yang berencana ingin
menyewa virtual office sebagai tempat
usaha, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.
- Adakan Pertemuan Rutin
Meskipun bekerja di tempat berbeda,
pertemuan rutin dengan anggota tim tetap mungkin dilakukan. Saat ini, teknologi
semakin canggih sehingga pertemuan bisa diadakan secara online. Pertemuan rutin sangat penting karena dapat menjadi wadah
komunikasi antara anggota tim. Tanpa komunikasi yang lancar, bisa terjadi
kesalahpahaman yang berdampak pada hasil pekerjaan.
Komunikasi bisa dilakukan secara online, baik melalui audio maupun video.
Jika memilih menggunakan video conference,
Anda akan memperoleh keuntungan tambahan, yaitu dapat mengamati ekspresi dan
respons para peserta pertemuan dalam sekali waktu.
- Gunakan Aplikasi Chat untuk Berkomunikasi
Pada bisnis yang dijalankan dengan virtual office, komunikasi adalah hal
yang sangat penting. Untuk itu, Anda dan anggota tim perlu menyepakati jalur
komunikasi yang digunakan sehingga lebih efektif dan efisien. Untuk respons
yang lebih cepat dan mudah, gunakan berbagai aplikasi chat yang saat ini tersedia.
Supaya lebih nyaman, bandingkan
terlebih dahulu beberapa aplikasi chat
yang lebih memenuhi kebutuhan dan memberikan keuntungan. Misalnya, mudah
diakses dan lebih ringan. Perhatikan juga fitur-fitur yang disediakan, seperti sharing foto, video call, dan sebagainya.
Ada baiknya, Anda juga membuat grup di
aplikasi chat tersebut sehingga
komunikasi bisa berjalan ke segala arah, bukan hanya secara pribadi. Ini akan
memudahkan Anda menyampaikan briefing
kepada seluruh anggota tim. Pilihan lain adalah menggunakan email. Namun, sebagian besar orang lebih
lambat merespons email daripada chat.
- Gunakan Media Khusus untuk Berbagi Dokumen
Bagi Anda yang bekerja di virtual office, sangat penting memiliki
media yang tepat untuk berbagi dokumen. Hal ini bermanfaat untuk memastikan
Anda terhubung pada data yang sama dan cepat mendapatkan informasi terkait
perkembangan terkini di perusahaan. Dengan konsep berbagi secara online, masing-masing anggota tim dapat
menggunakan informasi sesuai dengan kebutuhannya.
Saat ini, ada banyak pilihan yang
tersedia, mulai dari aplikasi khusus yang disediakan oleh virtual office yang disewa hingga cloud storage gratisan maupun berbayar. Kelebihan lainnya adalah
akses yang mudah sehingga pekerjaan menjadi lebih praktis.
- Manfaatkan Nomor Telepon Kantor
Jika Anda memutuskan untuk bekerja
dari rumah secara permanen, sangat penting untuk memiliki nomor telepon kantor.
Hal ini dapat difasilitasi oleh virtual
office. Dengan nomor telepon kantor, Anda akan memiliki privasi sehingga
segala urusan pekerjaan tidak terhubung ke nomor telepon pribadi.
- Perhatikan Suasana Lokasi Kerja
Meskipun bekerja dari rumah, bukan
berarti Anda dapat sesuka hati ketika bekerja. Perlu diingat, suasana lokasi
kerja yang tidak mendukung akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan, misalnya
terlalu banyak gangguan. Jadi, sangat perlu menerapkan batas-batas khusus
ketika bekerja, termasuk oleh anggota keluarga lain. Waktu untuk bekerja pun
sebaiknya ditentukan sehingga Anda menjadi lebih maksimal dan fokus seperti
halnya sedang bekerja di kantor.
Nah, dengan menerapkan 5 hal ini, Anda
pun akan lebih efektif saat bekerja di virtual
office. Selamat mencoba.
sumber: Cara Kerja Virtual Office
sumber: Cara Kerja Virtual Office
0 komentar:
Posting Komentar