Ingin Lebih Produktif Setelah Menyewa Virtual Office? Ini Tipsnya

shares



Bagi pebisnis pemula, salah satu langkah strategis untuk mengembangkan sayap di dunia bisnis adalah menggunakan virtual office sebagai lokasi kerja yang memadai sekaligus prestisius. Dengan virtual office, seorang pebisnis bisa mengerjakan proyek dari rumah, tetapi tetap terlihat profesional karena tersedia layanan administrasi dan alamat kantor.
Kelebihan tersebut mendorong para pebisnis masa kini semakin mempertimbangkan untuk menyewa virtual office daripada gedung sendiri. Bukan hanya itu, dengan cara ini, pekerja atau pebisnis bisa lebih produktif saat bekerja sehingga waktu untuk bekerja menjadi lebih efektif. Nah, bagi Anda yang berencana ingin menyewa virtual office sebagai tempat usaha, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

  1. Adakan Pertemuan Rutin
Meskipun bekerja di tempat berbeda, pertemuan rutin dengan anggota tim tetap mungkin dilakukan. Saat ini, teknologi semakin canggih sehingga pertemuan bisa diadakan secara online. Pertemuan rutin sangat penting karena dapat menjadi wadah komunikasi antara anggota tim. Tanpa komunikasi yang lancar, bisa terjadi kesalahpahaman yang berdampak pada hasil pekerjaan.
Komunikasi bisa dilakukan secara online, baik melalui audio maupun video. Jika memilih menggunakan video conference, Anda akan memperoleh keuntungan tambahan, yaitu dapat mengamati ekspresi dan respons para peserta pertemuan dalam sekali waktu.

  1. Gunakan Aplikasi Chat untuk Berkomunikasi
Pada bisnis yang dijalankan dengan virtual office, komunikasi adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, Anda dan anggota tim perlu menyepakati jalur komunikasi yang digunakan sehingga lebih efektif dan efisien. Untuk respons yang lebih cepat dan mudah, gunakan berbagai aplikasi chat yang saat ini tersedia.
Supaya lebih nyaman, bandingkan terlebih dahulu beberapa aplikasi chat yang lebih memenuhi kebutuhan dan memberikan keuntungan. Misalnya, mudah diakses dan lebih ringan. Perhatikan juga fitur-fitur yang disediakan, seperti sharing foto, video call, dan sebagainya.
Ada baiknya, Anda juga membuat grup di aplikasi chat tersebut sehingga komunikasi bisa berjalan ke segala arah, bukan hanya secara pribadi. Ini akan memudahkan Anda menyampaikan briefing kepada seluruh anggota tim. Pilihan lain adalah menggunakan email. Namun, sebagian besar orang lebih lambat merespons email daripada chat.

  1. Gunakan Media Khusus untuk Berbagi Dokumen
Bagi Anda yang bekerja di virtual office, sangat penting memiliki media yang tepat untuk berbagi dokumen. Hal ini bermanfaat untuk memastikan Anda terhubung pada data yang sama dan cepat mendapatkan informasi terkait perkembangan terkini di perusahaan. Dengan konsep berbagi secara online, masing-masing anggota tim dapat menggunakan informasi sesuai dengan kebutuhannya.
Saat ini, ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari aplikasi khusus yang disediakan oleh virtual office yang disewa hingga cloud storage gratisan maupun berbayar. Kelebihan lainnya adalah akses yang mudah sehingga pekerjaan menjadi lebih praktis.

  1. Manfaatkan Nomor Telepon Kantor
Jika Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah secara permanen, sangat penting untuk memiliki nomor telepon kantor. Hal ini dapat difasilitasi oleh virtual office. Dengan nomor telepon kantor, Anda akan memiliki privasi sehingga segala urusan pekerjaan tidak terhubung ke nomor telepon pribadi.

  1. Perhatikan Suasana Lokasi Kerja
Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti Anda dapat sesuka hati ketika bekerja. Perlu diingat, suasana lokasi kerja yang tidak mendukung akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan, misalnya terlalu banyak gangguan. Jadi, sangat perlu menerapkan batas-batas khusus ketika bekerja, termasuk oleh anggota keluarga lain. Waktu untuk bekerja pun sebaiknya ditentukan sehingga Anda menjadi lebih maksimal dan fokus seperti halnya sedang bekerja di kantor.

Nah, dengan menerapkan 5 hal ini, Anda pun akan lebih efektif saat bekerja di virtual office. Selamat mencoba.

sumber: Cara Kerja Virtual Office





Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar